Petunjuk Pengerjaan Sinjab

 Gambar 1

  1. Pada tampilan awal setelah login, anda akan dihadapkan pada layar seperti di atas, yg terdiri dari bagan struktur organisasi anda di sebelah kiri, dan daftar jabatan2 yg ada pada bagan. Anda bisa mengakses detail jabatan dengan mengklik NAMA JABATAN yg ada pada bagan (panah2 merah) ataupun pada nama jabatan daftar di sebelah kanannya (panah biru/oranye). Khusus utk daftar nama jabatan sebelah kanan, apabila di sebelah kiri masih ada tanda plus (+) seperti ditunjukkan pada lingkaran oranye, maka di bawah jabatan tersebut masih terdapat sub-jabatan. Anda bisa mengklik tanda + untuk membukanya sehingga akan tampil berjenjang seperti yg ditunjukkan pada panah biru dan tanda + berubah jadi minus (–) yg menunjukkan sdh tidak ada sub jabatan lagi di bawahnya.

Gambar 2

  1. Setelah anda klik nama jabatan pada langkah 1 diatas, maka akan FORM URAIAN JABATAN seperti pada gambar. Kelengkapan isian uraian jabatan ditunjukkan seperti pada gambar, yaitu yg ditandai kotak merah kanan atas: PROSENTASE PENGISIAN ANJAB: 98%. Ini berarti isian form ini masih belum penuh, lengkapilah dengan menambahkan isian pada URAIAN TUGAS, RESIKO BAHAYA, PENDIDIKAN YG DISYARATKAN (panah merah), DIKLAT PIMPINAN apabila jabatan tsb adalah jabatan ESELON (panah biru), TEKNIS FUNGSIONAL apabila jabatannya Pelaksana/JFU/atau JAB. FUNGSIONAL TERTENTU. Apabila memang kotak tsb KOSONG/TIDAK PERLU DIISI, maka ketikkanlah tanda minus (-) pada isian tsb. Untuk isian yang diperinci seperti RINCIAN TUGAS, BAHAN KERJA, RESIKO BAHAYA, TANGGUNG JAWAB, dst yg sejenisnya, periksalah apakah rincian tsb sdh benar sesuai pekerjaan jabatan tsb. Jika ada yg tidak sesuai dgn pekerjaan, klik DELETE di samping kiri rincian tsb. Jika perlu diubah, klik EDIT. Jika perlu menambahkan, klik TAMBAH DATA di atas kotak rincian. Setelah ditambahkan, mungkin tambahan tersebut tidak segera tampil. Klik PERBARUI TAMPILAN utk merefreshnya agar tampil. Terakhir utk form ini…. : Setelah semua terisi dengan benar, klik tombol SIMPAN DATA berwarna oranye di atas atau bawah form. SELANJUTNYA: Klik MENUJU HALAMAN ABK di sebelah kanan atas

Gambar 3

  1. Halaman FORMULIR PENGUKURAN BEBAN KERJA PGW Pada halaman ini akan tampil URAIAN TUGAS yg telah diisikan pada Langkah 1 di atas. Koreksilah isian VOLUME KERJA dan NORMA WAKTU di sini, yang akan dihitung otomatis oleh sistem dan ditampilkan pada kolom PGW YG DIBUTUHKAN. Utk DIINGAT, sesuaikan dengan KEBUTUHAN JABATAN tsb sesuai FAKTA, karena beban kerja yg dihitung akan menentukan JUMLAH PEMANGKU-NYA. Jangan sampai beban tsb dilebih-lebihkan yang pada akhirnya akan menyebabkan PEMANGKU JABATANNYA kekurangan/tdk punyak pekerjaan karena isian tdk sesuai kenyataan. Setelah semua terisi/terkoreksi, anda bisa melihat berapa jumlah pegawai yg dibutuhkan pada TOTAL di KOLOM 6 (PGW YG DIBUTUHKAN)

Gambar 4

  1. Isian FORM PENGUKURAN BEBAN KERJA PGW akan otomatis mengisi FORM A ini

Gambar 5

  1. Pada form ini isikan JUMLAH PNS pemangku masing2 jabatan. Karena kita tidak mendata tenaga NON PNS, maka biarkan Kolom 5 tetap kosong.

Gambar 6

  1. Gambar 6 ini merupakan sub-form dari gambar 5 (FORM B), setelah meng-klik TAMBAH RINCIAN pada KOLOM 6 di atas Untuk jabatan dengan pemangku tunggal hanya akan memunculkan 1 baris RINCIAN PANGKAT GOLONGAN seperti pd gambar 6, akan berisi 2 baris apabila pemangkunya 2 orang, dst. Isikan PANGKAT GOLONGAN, JENJANG PENDIDIKAN, dan JURUSAN yg dimiliki oleh masing2 pemangku jabatan.                       

Gambar 7

  1. Sementara cukup itu saja yg perlu diperhatikan. Utk isian pemangku jabatan sedang kami usahakan untuk mengisinya sesuai HASIL REKON yg telah dikirimkan bulan MEI, karena mengandung data NIP yg riskan salah ketik bila di entry manual Jadi untuk sementara ini tabel PROFIL PEMANGKU (GAMBAR 7) jangan diisikan dulu.

Manual Book Sinjab Download Disini